Kamis, 13 Maret 2008

OASE....

Hati - hati dengan mahkluk ini. ia bisa menjadikan apa saja dan dan anda bisa masuk dalm jebakannya. ia punya mata, hidung, telinga sebagaimana estetika manusia, mungki hanya aroma hati yang membedakan dengan kita.

Kabar terakhir mahkluk ini bermukim disebelah rumah anda. Hati - hati, sebaiknya tutup pintu dan jendela. Jangan biarkan satu ketukanpun mengusik anda untuk membukanya. Alunkan ritme sholawat dalam setiap sudut gerak. Menataplah realistis pada keseimbangan hidup. Alternatif ini sebagai ruas penyelamat jebakannya.

Suatu saat dalam situasi panjang yang menyesakkan, ketika pergulatan material menjadi obsesi hidup, mahkluk ini hadir. Ia bergerak bak robinhood, mengekpresikan jati diri sebagai kaum paling aspiratif. Jati diri yang progresif dalam kemungkinan penyelesaian persoalan ketidakstabilan masyarakat, sengaja diciptakan heroisme yang pada titik tertentu menjelma menjadi monumen pahlawan.

Mahkluk yang jika sepakat kita sebut saja Oase ini, muncul ketika ruang gerak masyarakat terbentur pada pola ekstensi penyelenggara kebijakan publik. Memang mestinya "oase kita" ini menjadi pilihan bagi kebuntuhan kepentingan masyarakat. Apalagi wajah tanah yang kita pijak sedang mengalami proses "reformasi" yang tak kunjung selesai.

Ideal memang jika kemunculannya untuk menjawab kebutuhan objektif masyarakat. Apalagi kemudian mampu menyeimbangkan selera makan antara penyelenggara publik dan publik itu sendiri. sehingga garis batas antar dua objek tersebut tak terlihat. keterciptaan situasi ini, layak memang jika kemudian "oase kita" disebut pahlawan.

Globalisasi dunia yang kian merendahkan selera kita, ternyata telah juga membikin "oase kita" jarang memakai rompi kepahlawanannya. Mahkluk yang mempunyai estetika seperti kita ini sering tampil sebagai mike tyson. Yang penting pukul, robohkan, hancurkan, jangan beri kesempatan muncul pada ronde berikutnya.

Ia sudah jarang berfikir sebagai penyeimbang. Pola karakternya lebih dominan sebagai
dystroyer. Itu kenapa dengan sangat terpaksa, saya harus mengatakan mulai saat ini anda harus hati - hati. Jika anda masih mempertanyakan substansi sirine saya ini, maka silahkan anda membuka jendela dan pintu rumah anda...!

Tidak ada komentar: