Selasa, 04 Maret 2008

BERITA RADAR JEMBER

Senin, 03 Mar 2008
Para Wakil Rakyat yang Mempromosikan Diri Lewat Internet

Djufriyadi Rajin Menulis, Rendra Rajin Memuat Kliping BeritaInternet telah mendarah daging di kalangan intelektual. Tak terkecuali bagi wakil rakyat di DPRD Jember. Dua politisi muda Jember, rajin menuangkan gagasannya di internet melalui situs blog pribadi.

HARI SETIAWAN, Jember---

JIKA Anda hobi berselancar di internet atau menulis di blog, sesekali bukalah dua situs blog ini. Pertama, joefecik-jember-xzat.blogspot.com, dan kedua, rendrawirawan.blogspot.com. Mengapa Anda sesekali perlu mengunjungi kedua blog tersebut? Karena, dua blog tersebut milik wakil Anda di DPRD Jember. Yakni, M. Djufriyadi dan Rendra Wirawan, keduanya anggota komisi B DPRD Jember.

Blog Djufriyadi diberi judul Warna-Warna, Refleksi Sebuah Perjalanan. Meski sebagai anggota dewan, blog miliknya tidak ada logo PKB sama sekali, partai yang memberangkatkannya ke Bengawan Solo 86 (kantor DPRD, Red).

Dengan warna latar kombinasi hijau muda dan putih, blog yang dibikin sejak Desember 2007 itu cukup mencolok mata. Sepintas, tak ada kesan bahwa si empunya blog adalah politisi muda yang cukup beken di gedung parlemen.Namun, jika memperhatikan parade foto di lajur kanan, orang akan sedikit tahu bahwa pemilik blog itu seorang anggota dewan.

Di parade foto itu ada berbagai dokumentasi kegiatan komisi B, seperti saat di Pertamina, kunjungan ke Magetan, saat Tajemtra 2007, dan sebagainya.Blog tersebut lebih berkesan sebagai sebuah e-diary. Setelah memampang daftar link blog dan berbagai situs referensi, ada dua foto anaknya.

Di arsip yang ada, banyak ditemukan berbagai tulisan pribadi Djufriyadi mengenai banyak hal. Mulai masalah politik, pribadi, hingga berbagai hal yang terkait tugas sebagai anggota dewan.Ditanya soal hobinya menulis di blog, Djufriyadi hanya tertawa. "Ah, itu iseng-iseng saja. Tak ada maksud politis apa pun," katanya.

Politisi asal Kalisat itu baru bergaul dengan internet dua tahun lalu. "Sejak saya punya laptop," akunya. Laptop yang dimaksud adalah jatah fasilitas sebagai anggota dewan. Sebanyak 45 anggota dewan memang dibekali dengan laptop.Tentang asal-usul ketertarikannya dengan situs blog, Djufriyadi menyatakan, baru dimulai November 2007. Dia bermaksud mempublikasikan RAPBD 2008 yang saat itu mulai dibahas dewan. Karena, selama ini ada keluhan masyarakat, data APBD sulit diakses.Namun, koreksi gubernur terhadap APBD 2008 setelah disahkan 1 Desember 2007 lalu, baru turun beberapa pekan lalu. Sehingga, sampai sekarang data APBD 2008 belum terpampang di blog-nya.

Akhirnya blog tersebut banyak berisi pemikiran-pemikiran pribadi Djufriyadi tentang berbagai hal."Saya ingin menjadi Djufriyadi," jawabnya saat ditanya mengapa tak ada logo PKB di blog-nya, sebagai bentuk identifikasi bahwa dirinya adalah anggota dewan. Dengan tanpa memasang logo PKB, dia mengaku lebih bebas untuk menuangkan berbagai gagasannya tanpa dibingkai berbagai norma partai dan birokrasi.

Kehidupan, menurut dia, penuh warna. Begitu pula kehidupan dirinya sebagai pribadi dan sebagai anggota dewan. Dengan menulis di blog, banyak sisi kehidupan yang telah dilaluinya yang bisa didokumentasikan. "Sebab itu mengapa yang membuat judul blog saya Warna-Warna," paparnya.Karena itu, jangan heran jika Djufriyadi sangat betah duduk berjam-jam di warung internet (warnet). Selain memburu berbagai informasi, di warnet pula Djufriyadi biasa meng-up load berbagai konten blog-nya.

Berbeda dengan milik Djufriyadi, blog milik Rendra amat kental nuansa politis. Saat membuka beranda blog-nya, orang disuguhi logo PAN yang cukup besar dan fotonya yang tengah mengambil sikap hormat laiknya orang yang tengah upacara.

Nama blognya pun simpel, Rendra Wirawan, Berikan Aku Sepuluh Pemuda Progresif Revolusioner, Maka Akan Aku Ubah Dunia.Warna biru muda cukup menominasi sebagai warna kebesaran PAN. Konten blog milik legislator termuda itu lebih sederhana karena hanya berisi kliping-kliping berita tentang keparlemenan, khususnya yang memuat pernyataan dirinya. Bahkan, ada fitur survei online tentang kinerja legislator PAN di blog Rendra.

Sayang, Rendra tampaknya lama tidak meng-up date blog-nya. Arsip terbaru menunjukkan data 5 November 2007. Meski demikian, Rendra lebih dulu mempromosikan dirinya melalui internet, yakni sejak Januari 2007. "Saya belajar dari istri," akunya soal kemampuan dirinya membuat blog.

Dengan memiliki blog, Rendra mengaku bisa menuangkan berbagai gagasannya tentang berbagai hal, khususnya tugasnya di komisi B. "Blog itu juga sebagai media informasi saya sebagai wakil rakyat sekaligus sebagai publikasi berbagai kegiatan saya di dewan," katanya.Karena itu,

Rendra mengaku siap menerima masukan dari siapa pun yang masuk melalui blog-nya. Lebih dari itu, blog itu juga sebagai tempat pengumuman bahwa Rendra kini tak bujang lagi. "Makanya saya pasang foto saya dan istri di blog," sambungnya seraya ngakak. (*)

Tidak ada komentar: